Jenis Wayang : Gerak Tari pada Pertunjukan Wayang

0 74

Ada lima macam gerak dasar tari dalam pertunjukan Wayang Orang THR yaitu sembahan, sabetan, lumaksana, ombak banyu, dan srisig. Pengembangan gerak bergantung dari kekreativitasan koreografer. Penggunaan gerak tari sangat minim karena pada Wayang Orang THR banyak mempertunjukan dialognya. Dialog yang digunakan adalah dialog berbahasa Jawa dan bahasa Kawi. Tokoh inti pada Wayang Orang THR merupakan tokoh tetap yang susah digantikan karena mereka merasa sudah profesional dalam perannya.

Dalam penggunaan bahan-bahan rias tradisional seperti langes, pidih, dan singwit hingga saat ini masih digunakan sebagian pemain Wayang Orang THR sebagai bahan rias karena dinilai lebih murah. Selain itu salah satu pemain wayang orang THR mengatakan bahwa menggunakan bahan tradisional seperti langes, pidih, dan singwit merupakan pelestarian bahan tradisional yang mulai ditinggalkan oleh pemain wayang orang saat ini. Pada kenyataannya beberapa pemain Wayang Orang THR juga menggunakan bahan rias modern buatan pabrik.

Terkadang langes tidak memunculkan warna yang tajam akhirnya dalam penerapannya untuk mewarnai alis digunakan pensil alis setelah menggunakan langes. Sesuai dengan pengamatan peneliti dalam penelitian untuk kelompok Wayang Orang THR tidak memasukkan unsur instrumen modern dalam penggarapan musiknya, karena dalam kelompok ini sangat menganut dengan tradisi wayang orang yang sesungguhnya. Para seniman yang telah lama menekuni bidang seni khususnya wayang orang.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...