Jenis Wayang : Hawai Waterpark Gelaran Wayang

0 38

Wayang Potehi untuk kali pertama digelar di Hawaii Waterpark, Minggu (16/12/2018) malam sebagai gerbang menuju pembuatan Museum Budaya di destinasi wisata buatan manusia itu. Tahun 2019, Hawaii Waterpark, memang sedang menggagas akan membuat Museum Wisata Edukasi. Manajemen Hawaii akan bekerja sama dengan Museum Gubug Wayang.

Jadi konsepnya nanti adalah edutainment, edukasi dan intertainment

Bambang Judo mengatakan, wayang Potehi ini tidak bisa lepas antara masyarakat peranakan Tionghoa dengan bangsa Indonesia karena ada sejarahnya. Dalam pertunjukan wayang Potehi malam itu, penontonnya cukup banyak meski dari tempat duduk, mereka melihat wayang-wayang itu kecil bahkan nyaris tak bisa dilihat secara jelas mimik-mimiknya karena besarnya panggung yang mencapai 4X14 meter yang dibuat untuk pertunjukan itu. Biasanya pertunjukan wayang Potehi itu cukup hanya dengan panggung ukuran 4 meter persegi.

Tapi masih beruntung, masyarakat yang menonton menjadi tidak bingung karena malam itu penyelenggara menggabungkannya dengan akulturasi budaya dengan wayang Purwa atau wayang kulit. Sehingga dari tempat duduk mereka melihat panggung yang besar itu tersaji ada pencerminan dari Kerajaan jahat yang kalau pada pewayangan kulit adalah Kerajaan Kurawa dan Kerajaan baik yang kalau di wayang kulit adalah kerajaan Pandawa. Sekali lagi, tentu saja dengan sosok wayang seni Cina.

Source timesindonesia.co.id timesindonesia.co.id/read/193214/20181218/105750/menyongsong-pembuatan-museum-budaya-hawai-waterpark-gelar-wayang-potehi
Comments
Loading...