Jenis Wayang : Isu HBK akan Gelar Nobar Wayang

0 15

Setelah sukses menggelar nonton bareng Wayang Sasak bersama dalang kondang  Lalu Nasib di lapangan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara akhir pekan lalu, kini H. Bambang Kristiono atau akrab disapa HBK akan menggelar nonton bareng serupa di lapangan Desa Dasan Tapen, Gerung, Kabupaten Lombok Barat, pada hari Sabtu, 2 Maret 2019. Sejumlah pihak mengapresiasi upaya petinggi Partai Gerindra ini dalam mendorong semangat melestarikan budaya warisan nenek moyang terutama Wayang Kulit Sasak tersebut.

Sebab, banyak sekali kearifan lokal para leluhur Sasak di Pulau Lombok yang memiliki nilai-nilai sangat tinggi, terutama dalam seni dan atraksi budaya. Seperti juga pegelaran Wayang Kulit Sasak, yang belakangan eksistensinya terus tergerus kemajuan zaman. Padahal, jika bisa terus dilestarikan Wayang Sasak bisa menjadi benteng yang kuat bagi generasi muda saat ini untuk tetap bersandar pada nilai-nilai baik, termasuk menjadi basis pengembangan karakter dan moral.

Wayang Sasak dapat menjadi basis pembelajaran dan pengembangan karakter sebagai pertahanan moral generasi muda kita (saat ini)

Lalu Pharma  mengatakan, aspek lainnya dari Wayang Sasak di era milenial ini adalah sebagai warisan pengetahuan tentang filsafat,  humaniora, psikologi dan daya budi. Selain itu, Wayang Sasak juga dapat menjadi pustaka dan panduan moral bagi pola hubungan kemanusiaan.

Source Times timesindonesia.co.id/read/203134/20190301/150830/angkat-isu-kekinian-hbk-akan-gelar-nobar-wayang-sasak-lalu-nasib-di-lombok-barat
Comments
Loading...