Jenis Wayang : Keberlanjutan pada Bahan Wayang

0 92

Terdapat juga keberlanjutan pada bahan tata rias, gaya pemanggungan dengan penggunaan kelir, instrumen musik gamelan, serta vokal yang digunakan pada komunitas wayang orang THR, bentuk tata rias, busana, dan karakterisasi pada komunitas wayang orang yang ada di Surabaya (Wayang Orang THR, Mustika Yuastina, serta Tribuana). Untuk mengetahui lebih jauh tentang seni pertunjukan wayang orang yang ada di Surabaya, masih diperlukan pengembangan permasalahan serta kajian yang lebih mendalam tertang pertunjukan tersebut.

Penelitti menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang belum terungkap dalam peneltian ini, oleh karena itu masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam dalam mengungkap permasalahan lain yang belum sempat ditemukan dalam penelitian ini. Kesenian tradisional seperti wayang orang harus tetap dilestarikan. Wayang orang ini sangat membutuhkan dukungan dari segala pihak, baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat itu sendiri. Dukungan tersebut baik berupa moril maupun materil, dan yang paling penting adalah memberi pengetahuan bagaimana cara mengelola sebuah kesenian dengan baik.

Wayang orang juga perlu diperkenalkan sejak dini kepada generasi muda karena di dalam pertunjukan wayang orang memiliki berbagai unsur seni yang dapat dipelajari, yaitu seni tari, musik, drama, sastra, vokal, serta seni rupa. Para pelaku seni wayang orang di Surabaya hendaknya lebih kreatif dalam menggali dan mengembangkan ide-ide garap dan melakukan pembaharuan-pembaharuan.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...