Jenis Wayang : Kerbau & Wayang Daun Singkong

0 62

Setelah berlumpur-ria saat nandur di sawah, kini Program Poelang Kampung di Cinangneng- Bogor berlanjut dengan acara mencuci kaki sembari memandikan kerbau di sungai. Mula-mula sih para homeschoolers HSKS Jatibening agak ragu mendekati binatang bertanduk yang tengah berendam itu, namun lama kelamaan karena sang kerbau cuek-cuek saja, mereka malah jadi asyik saling siram sebelum akhirnya kakak-kakak guru memberi instruksi untuk menyeberang dengan berpegangan pada seutas tambang yang terbentang menghubungkan dua tepian sungai.

Break sebentar untuk makan siang dan shalat. Berikutnya, ada topi-topi khas petani dari anyaman bilah bambu yang disebut caping dan tugas para homeschoolers adalah melukisinya secantik mungkin. Kelar melukis saatnya melatih kelenturan tubuh dengan belajar menarikan Tari Jaipong dibimbing seorang teteh penari yang sangat ramah. Anak perempuan mengenakan selendang yang disampirkan di bahu, sementara anak lelaki dipasangkan iket di sekeliling kepala.

Lalu berbaris rapi di belakang Teteh Penari dan mengikuti gerakannya diiringi rancak gamelan yang sangat dinamis dari cd player. Setelah berterimakasih dengan mengucap hatur nuhun, perjalanan pun dilanjutkan. Kali ini para homeschoolers diajari menganyam tangkai-tangkai daun singkong yang lentur untuk dibentuk menjadi wayang seperti yang biasa dimainkan oleh Pak Dalang.

Source Kompas kompasiana.com/rumahbelajar_persada/553023cc6ea834ff348b4610/kerbau-cuek-dan-wayang-daun-singkong
Comments
Loading...