Jenis Wayang : Lukisan Pertunjukan Wayang Beber

0 123

Wayang beber adalah seni pertunjukan tradisional yang berupa lukisan tentang kisah – kisah asmara Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartaji, kekasihnya. Disebut wayang beber karena lukisan tersebut disimpan dengan cara digulung dan pada saat ditampilkan akan dibuka (Jawa: dibeber) secara perlahan-lahan mengikuti alur cerita yang terdapat pada lembaran lukisan tersebut. Biasanya setiap gulungan menceritakan tiga atau empat peristiwa. Menggulungnya dari kanan ke kiri, sedang saat ditampilkan akan dibeber dan kiri ke kanan.

Seni wayang beber boleh dikatakan unik karena hanya dikenal di beberapa kota saja, yakni Pacitan, Wonosari – Jogja, Solo, dan Pajang – Demak. Karena keunikannya juga, banyak pecinta seni dan galeri serta beberapa museum yang mencari dan membeli lukisan-lukisan repro wayang beber dari pelukis-pelukis handal di Solo dan Jogja.

Wayang beber dari Pajang – Demak.

Lukisan wayang beber ini hanya ada empat gulungan saja dan merupakan lukisan tertua serta cukup sederhana. Sekalipun pelukisan tokohnya cukup detail namun banyak ruang kosong. Amat disayangkan bahwa lukisan ini ‘sampai saat ini’ belum diketahui mengisahkan tentang apa.

Source Kompas kompasiana.com/aremangadas/54f5ed58a33311d87c8b461d/lukisan-dan-seni-pertunjukan-wayang-beber
Comments
Loading...