Jenis Wayang : Media Pembelajaran Wayang Kertas

0 79

Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk karakter anak didik yang bermoral, beretika, dan berbudi luhur sekaligus mampu bersaing dikancah internasional. Kurikulum 2013 sekarang menggalakkan lagi pendidikan karakter di sekolah-sekolah. Namun pada prakteknya pendidikan karakter membutuhkan media pembelajaran yang berkarakter. Jika pembelajaran monoton hanya mendengarkan saja siswa tidak mudah dan sulit untuk mengingat materi pembelajaran apalagi untuk menerapkan nilai-nilai moral yang terdapat pada materi pembelajaran. Piaget menyatakan karakter siswa kelas satu pada tahap operasional konkret (umur 7-11 tahun)

1), guru membutuhkan media untuk memberikan rangsangan belajar terhadap siswa supaya siswa mudah menerima materi pembelajaran tematik pada kelas 1. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menumbuhkan karakter yang sesuai dengan usia siswa kelas 1 ialah wayang. Wayang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang mengandung pesan-pesan moral yang sangat baik bagi kehidupan. Wayang sebagai media pembelajaran karakter dapat terbuat dari berbagai bahan misalkan kulit hewan, kertas dan lain-lain.

2) Wayang dapat menjadi media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk membelajarkan karakter pada siswa. Wayang sangat dibutuhkan untuk membantu siswa memahami serta melaksanakan karakter yang telah disampaikan oleh guru. Solusi dari kurangnya media pembelajaran ini sebenarnya ada dihadapan kita, yaitu wayang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/fajro14/5cbe988e95760e267a4fd822/media-pembelajaran-wayang-kertas
Comments
Loading...