Jenis Wayang : Menengok Wayang Wahyu Ngajab

0 22

Memasuki abad 20, bermunculan jenis seni pertunjukan wayang kulit baru sebagai bentuk toleransi terhadap status klasiknya. Hal ini menjadi bukti bahwa seni pertunjukan wayang kulit yang adalah realitas panggung itu mampu mengkristalisasi realitas universal yang memberi nilai pada kenyataan zaman, di mana eksistensinya senantiasa berpengaruh timbal-balik dengan budaya masyarakatnya. Salah satu pertunjukan wayang kulit baru yang turut memperkaya khazanah dunia wayang kulit Nusantara adalah Wayang Wahyu “Ngajab Rahayu”.

Wayang Wahyu “Ngajab Rahayu” lahir pada tahun 1960 dengan spesifikasi dan karakteristik khusus sebagai wacana pertunjukan. Lahirnya Wayang Wahyudi Surakarta Jawa Tengah dibidani oleh seorang biarawan Katolik dari konggregasi FIC bernama Bruder Timotheus L. Wigyosoebroto.

Wayang Wahyu adalah hasil kolaborasi antara Gereja dengan seniman yang mempunyai tujuan dan fungsi utama sebagai pewartaan iman. Secara khusus, Wayang Wahyu sengaja dirancang untuk bergerak di luar lingkungan Gereja. Artinya, selain untuk kalangan umat Katolik khususnya, juga untuk masyarakat luas pada umumnya. Harapannya adalah agar mampu melahirkan suatu image baru bahwa keimanan Katolik dapat dekat dengan budaya Jawa.

Source Kompas kompasiana.com/www.godril.com/552fddcd6ea834ac568b4592/menengok-wayang-wahyu-ngajab-rahayu-surakarta#
Comments
Loading...