Jenis Wayang : Mengambil Rujukan Media Wayang

0 53

Yang menjadi dasar mengambil rujukan media wayang golek modern sebagai siaran sarana pendidikan sadar bencana di radio, yaitu sebagai berikut:

1. Seni wayang telah mengakar di hati masyarakat Indonesia sejak jaman para leluhur. Pada jaman dulu, para wali mencoba menyebarkan agama islam melalui media wayang. Kesenian wayang terbukti efektif dijadikan media dakwah baik di dalam maupun di luar Pulau Jawa.
2. Dengan wayang golek sosialisasi sadar bencana bisa dikemas melalui informasi kearifan lokal tiap daerah digabungkan dengan penggunaan informasi teknologi (iptek)
3. Seni wayang golek terbukti mudah diserap oleh berbagai kalangan. Sebagai bukti bahwa seni wayang golek mudah diserap oleh berbagai kalangan yaitu, dalang Asep Sunandar Sunarya (alm), pernah menggelar seni pertunjukan wayang golek di beberapa negara di luar negeri semasa hidupnya.
4. Siaran wayang golek pernah populer di generasi masa orang tua kita dulu, yang sering menyetel siaran wayang golek di radio semalam suntuk.
5. Hampir tiap daerah di Indonesia mempunyai kesenian wayang yang hampir mirip dengan seni wayang golek.

Wayang golek modern akan mudah diterima oleh berbagai daerah di Indonesia, karena hampir tiap daerah mempunyai kesenian wayang yang mirip. Seperti wayang kulit, wayang uwong, wayang palembang, Wayang Parwa Bali, Wayang Banjar, dan sebagainya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/epamustopa/5946945a947e61921760a5ee/pendidikan-sadar-bencana-melalui-siaran-radio-wayang-golek-modern
Comments
Loading...