Jenis Wayang : Mengglobalkan Wayang Kulit Indonesia

0 34

Ada yang baru di National Gallery of Australia (NGA) pada 29-30 Juli 2018. Salah satu gedung galeri termashsyur di Canberra, Australia ini mengadakan pertunjukkan wayang kulit berbahasa Inggris dengan lakon Babat Wana Martha, yang dilanjutkan dnegan seminar wayang kulit pada 31 Juli 2018. Adalah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra yang memprakarsai terobosan ini. Pentas wayang kulit ini diadakan dalam rangka peringatan yang ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Mantapnya, pertunjukkan wayang kulit maraton ini mendapat sambutan hangat dari publik Australia. Terbukti, tiket pertunjukan yang disediakan oleh NGA, sudah habis dipesan masyarakat Canberra dan sekitarnya sejak dua minggu sebelum acara. Tak heran jika James O Fairfax Theatre di NGA yang berkapasitas hampir 300 kursi, dipenuhi penonton yang hadir, mulai dari pejabat Pemerintah Australia, para duta besar dan diplomat negara asing, pemerhati budaya hingga anak-anak sekolah.

Sebagian penonton rela naik mobil hingga ratusan kilometer, seperti mereka yang berasal dari Kota Sydney dan Wagga-Wagga yang berjarak sekitar 300 kilometer dari Kota Canberra. Bahkan ada yang secara khusus terbang dari kota Melbourne. Duta Besar RI untuk Australia, Y Kristiarto S Legowo, mengatakan pertunjukan wayang kulit yang digelar KBRI Canberra ini bertujuan untuk mempromosikan warisan budaya Indonesia yang sudah sangat kesohor di dunia ini kepada masyarakat luas Australia.

Source Aktual aktual.com/mengglobalkan-wayang-kulit-di-negeri-orang
Comments
Loading...