Jenis Wayang : Menonton Wayang Rumah Sendiri

0 145

Teknologi dan tradisi seharusnya tidak perlu dipertentangkan, keduanya malahan bisa saling memperlengkapi. Sebagai bangsa yang diberkahi kekayaan aneka macam seni tradisi, seharusnya kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melestarikannya.

Mencari Wayang Kulit Dalam Format Film

Usulan dan proposal sederhana seorang anak negeri yang menginginkan wayang kulit menjadi ikon budaya yang tetap diterima oleh generasi sekarang.Awal reformasi dulu sebenarnya ada fenomena yang menggembirakan sehubungan dengan wayang kulit. Pada saat itu stasiun televisi Indosiar secara rutin menayangkan pergelaran wayang kulit semalam suntuk setiap malam Minggu. Itu kemajuan luar biasa untuk sebuah seni tradisi karena terbukti penayangan wayang kulit juga bisa mendatangkan iklan dan pemasukan bagi sebuah industri televisi komersial.

Entah kenapa sejak 2 – 3 tahun lalu Indosiar menghentikan tayangan ini. Sayang sebenarnya. Mengikuti perkembangan film Indonesia, saya mengusulkan supaya ada pergelaran wayang kulit dalam format film bioskop. Karena dalam format bioskop, sebuah lakon wayang kulit yang biasanya digelar semalam suntuk haruslah bisa dikompres dalam durasi 2 – 3 jam. Mengikuti format skenario film holywood, film lakon wayang kulit ini bisa dimodifikasi menjadi drama 3 babak sehingga bisa diikuti oleh penonton awam sekalipun. Untuk membuat film bioskop yang menarik, wayang kulit bisa dipadukan dengan unsur animasi.

Source Kompas kompasiana.com/osakurniawanilham/54ffbd8fa33311556350fbe1/menonton-wayang-kulit-di-rumah-sendiri
Comments
Loading...