Jenis Wayang : Nilai Budaya Wayang Bolak – Balik

0 45

Pernahkah kita menyadaryangi bahwa dalam hidup ini kita sering mengebiri hakikat kebenaran dari kebenaran hakikat sejati hidup? Pernahkah kita bertanya pada diri sendiri seberapa besar nina bobok globalisasi mendestruksi paradigma kita akan kacamata sesuatu dalam keberadaanya? Ya..pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin terkesan konyol dibanding dengan kiprah rekronstruksi paradigm keilmuan yang melaju pesat dalam dan di luar jalur dan kiprahnya.

Sebut saja wayang, sadarkah kita bahwa wayang adalah salah satu kebudayaan yang bernilai filosofis bahkan melebihi dari tingkat filosofis dunia dengan berbagai argument dan paradikmanya yang berpotensi meledakkan tatanan dunia dengan kekejaman dan kiprahnya.wayang bisa disebut juga pemain bayangan sejati yang selalu sabar mengingatkan dan penetrasi gambaran kebenaran sifat manusia yang hitam sampai putih dan disinilah Tuhan selalu setia bersamanya.

Wayang lahir di Indonesia khususnya di jawa kira-kira di mulai sebelum hindu masuk ke Indonesia pada tahun 976-1012 pada pemerintahan raja airlangga dari kerajaan kahuripan,walaupun masih ada perspekyif lain yang mengatakan wayang lahir di india dengan di perkuat argument penelitinya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/zainalkhoirulbasyar/54f81045a33311e7648b48cb/wayang-bolakbalik
Comments
Loading...