Jenis Wayang : Nonton Wayang Potehi di Mojokerto

0 66

Saat Imlek tiba  saya teringat pada kota masa kecil saya; Mojokerto. Di sana ada lembaga bernama Yensen Project Indonesia. Bersama Yensen Project, saya dan kawan-kawan Balai Belajar Bersama Banyumili, pernah terlibat dalam kegiatan Roadshow Wayang Potehi di 18 Kelurahan di Kota Mojokerto. Selama tiga bulan nonstop dari 18 Desember 2012 hingga 28 Februari 2013,  saya larut dalam energi wayang potehi; masuk kampung keluar kampung.

Semua ini berawal dari ajakan Asen, kawan masa kecil saya di Kampung Sentanan Kidul untuk bertemu Pak Yensen, salah satu pendiri Yensen Project, November 2012. Bersama Saiful Bakri, salah satu pengurus Banyumili, saya bertemu Pak Yensen di rumah sekaligus sekretariat Yensen Project Indonesia di Jalan Kartini 27 Kota Mojokerto. Sejak pertemuan itu, kami bertiga pun sering mengudar gagasan bersama, dari malam hingga menjelang subuh. Sama-sama mencari ‘chemistry’ satu sama lain. Satu hati dan saling percaya merupakan salah satu modal dalam aktivitas kebudayaan.

Di sekretariat Yensen Project, saya dan Saiful Bakri belajar mengerjakan hal-hal kecil dengan cinta yang besar. Banyak hal yang kami kerjakan, mulai belajar mengenal nama, karakter dan profil tokoh wayang potehi. Jumlahnya ratusan. Dan Museum Potehi Yensen memiliki koleksi wayang potehi yang lengkap.

Source kompasiana.com kompasiana.com/kurakurabiru/5a5f25d9cbe523291e3e0e62/menonton-wayang-potehi-di-mojokerto
Comments
Loading...