Jenis Wayang : Peringatan Ulang Th Wayang Golek

0 134

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan yang ke 66 dan memperingati ulang tahun Krakatau Steel yang ke 41, semalam tadi (30 September 2011 pukul 21.30) diadakan pertunjukan wayang golek dengan dalan Denni K Sunandari – Putra Giri Harja III bertempat di halaman parkir Krakatau Junction. Lakon yang dimainkan Kisah Baratayudha – Perang Kurusetra (Karna melawan Arjuna). Dikisahkan Karna berhasil membunuh Gatotkaca dengan senjata Kontawijaya.

Senjata Kontawijaya musnah seiring dengan kematian gatotkaca. Berita kematian gatotkaca membuat duka dalam para pandawa. Kemarahan pandawa meledak. Pandawa mengumpulkan bala tentara. Tidak kalah dengan Pandawa, Kurawa pun mengumpulkan bala tentara. Menghubungi para Buta (Raksasa) untuk menjadi bagian dari Kurawa. Karena para Buta tersebut pernah berhutang budi pada Kurawa, para Buta tersebut sepakat untuk membantu Kurawa.

Pada satu kesempatan, Dewi Kunti dan Adipati Karna bertemu. Diceritakan kemudian oleh Dewi Kunti bahwa sesungguhnya Karna adalah putra kandungnya dari Surya sebelum ia kemudian menikah dengan Pandu. Dengan segala kerendahan diri, Dewi Kunti memohon pada Karna untuk tidak melanjutkan pertempuran dengan saudara kandungnya sendiri. Karna yang teguh pendiriannya, tetap akan melanjutkan perang. Dia berjanji hanya akan membunuh salah satu dari Pandawa. Agar putra Dewi Kunti tetap 5 orang. Kemudian ia pergi meninggalkan ibunya yang sedih.

Source Kompas kompasiana.com/gemblonk/550d77e18133111578b1e85e/peringatan-ulang-tahun-wayang-golek-dan-nilai-ksatria?page=all
Comments
Loading...