Jenis Wayang : Perlakuan Khusus Buat Wayang Tertua

0 14

Pelestarian wayang di tanah air tak bisa dilepaskan dari keberadaan Museum Wayang yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta. Museum seluas lebih dari 11 ribu meter persegi ini awalnya merupakan bangunan gereja yang dibangun pada 1640 dengan nama “de Oude Holandsche Kerk”. Bangunan ini pernah hancur akibat gempa bumi. Kemudian, lembaga yang menangani pengetahuan dan kebudayaan Indonesia membeli bangunan ini serta diserahkan kepada “Stichting Oud Batavia”.

Pada 1939 dijadikan museum dengan nama “Oude Bataviasche Museum”. Baru pada 23 Juni 1968 diserahkan pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dijadikan Museum Wayang dan diresmikan mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 13 Agustus 1975. Perluasan bangunan merupakan hibah dari Probosutedjo pada tahun 2003. Kepala Seksi Koleksi dan Perawatan Museum Wayang Sumardi menjelaskan, ada 6000 jenis wayang yang menjadi koleksi. Wayang tersebut diperoleh melalui dua cara, yakni hibah dan pembelian ke pengrajin di daerah.

Kami menerima hibah dari seseorang atau instansi, bisa juga pengadaan dengan membeli wayang ke pengrajin

Tidak ada syarat khusus bagi mereka yang ingin menghibahkan koleksi wayangnya kesini. Satu-satunya kriteria adalah wayang itu benar-benar layak dikoleksi, bukan wayang yang sudah rusak atau cacat. Sementara pengadaan dengan pembelian dilakukan sesuai kebutuhan, tidak berlaku rutinitas tertentu. Tujuannya, untuk menambah koleksi wayang yang ada.

Source Detik hot.detik.com/art/d-2343273/perlakuan-khusus-buat-wayang-tertua-dari-abad-ke-16-di-museum-wayang-
Comments
Loading...