Jenis Wayang : Potret Wayang Suket Kontemporer

0 52

Diajak untuk menonton pertunjukan wayang suket oleh seorang Kompasianer hobi fotografi Mo Yswitopr. Saya kira dia juga akan memfoto pertunjukan tersebut tetapi ternyata dia ikut menjadi salah satu pemain. Wayang suket adalah pertunjukan wayang yang wayangnya dibuat dari suket atau rumput. Jenis wayang ini sebenarnya adalah permainan anak-anak di desa. Anak-anak membuat pertunjukan wayang di sawah sambil menunggui ternak merumput. Sehingga wayang nya pun seadanya, dibuat dari rumput yang diikat dan diberi tangkai kayu atau bambu.

Tak jarang pula wayangnya dibuat dari tangkai daun ketela. Ceritanya biasanya meniru cerita wayang kulit tetapi penyampaiannya dengan bahasa Jawa sehari-hari.Wayang suket pernah diangkat dan dipopulerkan lagi oleh Dalang Slamet Gendono yang mempunyai sanggar di Solo. Pementasan wayang suket di Kompleks Kepatihan, Jl. Malioboro ini diprakarsai satunya oleh Kampretos Mo Yus. Tema atau lakon yang digarap adalah Tiwikrama atau Kemarahan.

Wayang suket yang digabung dengan semacam wayang orang dan drama modern ini dipentaskan oleh kelompok Aburing Kupu Kuning dari Pakem, Yogyakarta. Cerita wayang suket ini dikemas dengan sangat apik dengan perpaduan berbagai gaya sandiwara didukung dengan campuran alat music modern dan gamelan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ouda/5529f9b7f17e618240d62483/memotret-low-light-wayang-suket-kontemporer#
Comments
Loading...