Jenis Wayang : Saat Wayang Beber Kembali Diliat

0 123

Dengan berita yang menghebohkan karena terhitung sejak Kamis, 17 Februari 2011 peredaran film asing resmi ditarik oleh pihak MPA dari bioskop-bioskop di Indonesia tentu saja membuat banyak penikmat film asing yang merasa kecewa dan dirugikan. Ditambah lagi dengan keberadaan film-film dalam negeri yang masih berada dibawah standar untuk djadikan tontonan yang layak bagi para pecinta film. Ya terdapat pro-kontra (mungkin lebih banyak kontra) dalam pengambilan kebijakan ini.

Terlepas dari masalah pro dan kontra masalah film asing yang ditarik dari bioskop-bioskop Indonesia, ada satu peluang yang dapat saya lihat disini. Ketika masyarakat mengeluhkan tentang rendahnya kualitas film dalam negeri, ada baiknya kita menengok kembali kebudayaan Indonesia yang mungkin sudah tidak pernah disentuh lagi selama ini akibat gencarnya budaya asing yang masuk, termasuk melalui film. Nah kebudayaan yang satu ini patut dijadikan prioritas untuk ditonton kembali.

Ada yang sudah pernah mendengar kebudayaan wayang beber? Saya yakin pasti hanya sebagian kecil orang yang mengetahui bahwa Indonesia memiliki kebudayaan wayang beber yang hampir punah. Wayang beber adalah salah satu jenis wayang yang dimiliki oleh Indonesia. Wayang ini hampir punah keberadaannya karena penerus pemegang wayang ini telah meninggal dunia dan beliau tidak mewariskan kemampuan itu kepada putranya. Dan akhirnya keluarga besar dari penerus wayang beber pun mewariskan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/qonitash/550086c5a33311a96f51165e/film-asing-ditarik-saatnya-wayang-beber-kembali-ditonton
Comments
Loading...