Jenis Wayang : Sajian Wayang Ruwat Banyumas Ok

0 37

Wisata Minat Khusus Pagelaran Wayang Ruwat menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kesenian dan kebudayaan Jawa. Bulan syura menjadi ajang pertunjukan di berbagai pelosok desadengan menyelenggarakan grebeg sura. Pagelaran wayang kulit di Pendopo duplikat sipanji banyumas, Kamis 13 Desember tidak di selenggarakan pada malam hari seperti layaknya pagelaran wayang biasanya.  Berbagai tanaman hasil bumi tampak terlihat di panggung wayang.

Terlihat ada kelapa, padi, umbi-umbian dan sebagainya. Inilah pagelaran wayang ruwat bumi yang khusus di selenggarakan pada bulan syura. Wayang Ruwat di sebelah barat balai pendopo kecamatan banyumas merupakan rangkaian kegiatan Grebeg sura Banyumas, setelah sebelumnya diadakan jamasan pusaka banyuma, malam tirakatan di pendopo  serta adanya larungan sesaji dan prosesi kirab dan tumpengan. Pada tahun ini pagelaran wayang ruwat terlihat lebih sederhana, dengan mendatangkan Dalang dari desa sokawera kec. Patikraja banyumas serta di iringi nayaga yang sudah tidak asing bagi masyarakat Banyumas.

Tampak terlihat tidak ada layar seperti pagelaran wayang biasanya. Namun antusias warga untuk menikmati sajian cerita pewayangan tetap tinggi, terlihat walaupun hujan sempat menyiram banyumas dan sekitarnya tapi penonton masih tetap setia mengikuti jalan cerita.

Source kompasiana.com kompasiana.com/banyumasku/551af598a33311e521b65b54/menikmati-sajian-wayang-ruwat-banyumas#
Comments
Loading...