Jenis Wayang : Seni dalam Konteks Wayang Bocah

0 168

Sebelum megetahui lebih lanjut tentang wayang bocah lebih jauh penulis akan membahas wayang wong. Pada tahun 1731, Sultan Amangkurat I menciptakan wayang wong (wayang orang) Wayang wong adalah wayang yang terdiri dari manusia dengan mempergunakan perangkat atau pakaian yang dibuat mirip dengan pakaian yang ada pada wayang kulit. Jadi sederhananya wayang wong adalah pertunjukan drama tari dari wayang purwo. Wayang wong dimainkan oleh orang-orang yang telah dirias sedemikian rupa seperti tokoh wayang kulit purwa lengkap dengan pakaian dan perhiasannya, para pemain aktif berdialog selama memerankan wayang wong. Namun dalang tetap menjalankan masalah cerita dan suluk tetap ada.

Konsep wayang wong akan menguatkan pengertian wayang bocah. Berdasarkan literature dan pengamatan di lapangan oleh penulis, menguatkan pengertian wayang bocah yaitu pengembangan seni pertunjukan wayang wong yang dihasilkan. Pengembangan wayang bocah cerita disesuaikan dengan pola pikir anakanak tetapi tidak meninggalkan pakemwayang wong yang sudah ada. Wayang bocah merupakan salah satu sarana untuk membentuk generasi penerus baru dan menjadi sarana untuk menanamkan pendidikan karakter yang efektif.

Source kompasiana.com kompasiana.com/udawati/59edaecb5c814a1bb42c66d2/manusia-kesenian-kebudayaan-dalam-konteks-wayang-bocah
Comments
Loading...