Jenis Wayang : Seniman Kreatif Pertahankan Wayang

0 159

Salah satu kesenian tradisional Jawa bahkan Nusantara yang paling terkenal adalah seni wayang kulit, seni yang semakin berkembang sejak dijadikan salah satu media syiar Islam oleh Sunan Kalijaga beberapa abad silam. Gaung pertunjukan wayang kulit sampai kini pun masih menggema. Bahkan, masih ada televisi swasta yang menyiarkan siaran langsung pada saat-saat tertentu, apalagi stasiun televisi lokal. Namun, apakah wayang kulit masih menjadi tontonan yang menarik, apalagi bagi kaum muda?

Sebuah pertanyaan retorika yang telah diketahui jawabannya. Banyak orang yang sudah enggan menonton wayang kulit secara langsung. Alasan pertama, sudah tak tahan lagi atau enggan duduk semalam suntuk. Kedua, sudah mengetahui ceritanya. Ketiga, sudah sulit memahami bahasa yang digunakan oleh ki dalang yang lebih sering menggunakan bahasa Jawa halus atau krama inggil, yang oleh kaum muda dianggap sebagai bahasa para dewa. Apalagi pada saat percakapan tingkat tinggi yang mengandung pesan-pesan moral dan etika. Semakin sulit bagi kaum muda untuk mengerti dan memahami.

Source kompasiana.com kompasiana.com/aremangadas/55e263992b7a61571b90823a/seniman-kreatif-pertahankan-wayang-kulit-anak-muda-masih-mau-menonton
Comments
Loading...