Jenis Wayang : Sosial di Kesenian Wayang Hip Hop

0 68

Pada masyarakat Jawa yang memiliki kesenian wayang sebagai ciri khas masyarakat Jawa, terdapat sebuah adaptasi budaya (perubahan) dalam hal kesenian wayang. Muncul kesenian jenis baru yang disebut wayang hip hop yang diprakarsai oleh sekelompok seniman penggiat kesenian wayang dipimpin oleh Ki Dalang Catur Benyek Kuncoro. Adaptasi yang dilakukan berupa perpaduan antara unsur tradisional dan modern pada pertunjukan wayang. Penggunaan musik hip hop dalam pertunjukan wayang menjadi sebuah hal yang baru dalam pergelaran wayang.

Meskipun telah mengalami perubahan dalam segi pertunjukan, namun aturan atau fungsi utama wayang tetap dipertahankan dengan berbagai unsur tradisional lainnya. Upaya mempertahankan aturan dan fungsi utama wayang ini menunjukkan sebuah kontinuitas dari kebudayaan berupa kesenian wayang itu sendiri. Perubahan yang tampak pada alunan musik dan lakon yang dimainkan dalam setiap pertunjukan wayang hip hop. Lakon-lakon yang dimainkan merupakan kritik terhadap isu-isu sosial yang hangat diwarga.

Bertujuan untuk menjadi sebuah hiburan dengan menertawakan keadaan yang ada, namun memiliki dampak yang lebih dari sekedar sebuah hiburan. Dalam setiap pertunjukan wayang hip hop, ada pesan yang disampaikan dan bisa menjadi sebuah dorongan pada pergerakan dan aksi sosial untuk mengubah suatu kondisi sosial ekonomi dan politik masyarakat.

Source kompasiana.com kompasiana.com/andi_saputra17/56228819cd9273560c05c988/kontinuitas-perubahan-dan-kritik-sosial-dalam-kesenian-wayang-hip-hop
Comments
Loading...