Jenis Wayang : Titi (Wayang China, Wayang Potehi)

0 662

Wayang Titi adalah wayang china. Sumbernya berasal dari cerita china. Wayang ini bisa kita jumpai di perkampungan china atau klenteng. Sebuah pertunjukan yang pertama kali saya lihat dan benar-benar saya mengerti, sungguh luar biasa budaya ini. Pagelaran seni wayang titi ini terjadi di sebuah klenteng di dekat Taman Kota Mojoagung. Panggung wayang ini berukuran kecil, mungkin sekitar satu meteran, dengan hiasan berupa panggung warna-warni.

Pemain wayang berdiri di tengah dengan kedua tanga memegang berbagai jenis tokoh yang sedang dimainkan. Boneka dimainkan berjalan dari pinggir ke tengah panggung lalu berputar dan muncul lagi dengan plot cerita yang terus berganti-ganti. Anak-anak duduk setengah lingkaran di depan panggung, dengan kepala mendongak ke atas, dengan wajahantusias menunggu lakon apa yang sedang dimainkan. Biasanya cerita berkisar pada sesuatu yang lucu tapi juga memberi banyak pelajaran seperti kisah maling kundang dengan dibumbui kejadian konyol dan lucu ala anak-anak.

Sebenarnya wayang titi ini miniatur dari wayang golek, hanya saja boneka yang digunakannya benar-benar mirip bentuk manusia, yang terbuat dari kain, ada yang seperti putri dan pangeran. Aku tak tahu bagaimana pemain wayang menarik tarifnya, apakah anak-anak diminta membayarnya diawal baru mereka mainkan wayangnya atau memang baru diminta belakangan dengan bayaran sekedar dan seikhlasnya. Atau mungkin gratis ya.

Source Wayangku Wayang Titi
Comments
Loading...