Jenis Wayang : Tunjukan Wayang Kulitku Sekarang

0 19

Keanekaragaman suku di Indonesia memberikan dampak positif bagi perkembangan budaya di negara kita. Lahirnya sebuah budaya dalam suku tertentu semakin memperkaya kesenian yang ada di Indonesia. Tak hanya terkenal di negeri sendiri, berbagai kesenian di Indonesia juga terkenal di dunia Internasional. Salah satunya wayang kulit.

Seni Pertunjukkan Wayang
Seni pertunjukkan wayang merupakan salah satu kesenian yang berkembang di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Tanpa kita sadari, ternyata seni pertunjukkan ini sudah mendunia. Ada berbagai jenis wayang, mulai dari wayang golek, wayang orang ataupun wayang kulit. Tetapi tahukah kamu, bahwa dari 936 situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO, wayang kulit termasuk dalam situs tersebut. Namun dibalik itu semua, ternyata seni pertunjukkan wayang kulit di negara asalnya, Indonesia, malahan berkebalikan, menjadi kurang populer.

Seni pertunjukkan yang kental dengan tradisi Jawa dan biasa disajikan dengan bahasa Jawa ini seringkali dikalahkan dengan adanya media hiburan lainnya yang lebih menarik. Hal ini dibuktikan dengan adanya survei di lapangan yang menyebutkan bahwa hanya 5 orang mahasiswa dari 20 orang yang menyukai dan menonton seni pertunjukkan wayang kulit. Survey ini jelas ini menunjukkan bahwa seni pertunjukan wayang kulit semakin tidak populer di generasi saat ini.

Source Kompas kompasiana.com/lusiaarumingtyas/552aeab6f17e617653d6240e/wayang-kulitku-kini
Comments
Loading...