Jenis Wayang : Ubah Bentuk Pertunjukan Wayang

0 13

Perubahan bentuk pertunjukan wayang orang terjadi dikarenakan agar masyarakat atau penonton tidak bosan dengan pertunjukan wayang orang di Surabaya. Mengingat penonton merupakan masyarakat yang mempunyai selera pandang dalam melihat pertunjukan wayang orang. Menurut Dr. phill. Astrid S. Susanto mengungkapkan teori tentang perubahan masyarakat yaitu perubahan masyarakat sebagai fakta dan perubahan masyarakat dapat berarti kemunduran dan kemajuan.

Dari teori tersebut maka dapat dilihat pemicu perubahan bentuk pertunjukan wayang orang bisa disebabkan oleh selera masyarakat yang menginginkan pembaharuan dalam pertunjukan wayang orang. Soedarsono mengungkapkan bahwa, hidup matinya sebuah seni pertunjukan disebabkan oleh perubahan yang terjadi di bidang politik, ekonomi, perubahan dari selera masyarakat penikmat, pertunjukan tersebut tidak mampu bersaing dengan bentuk-bentuk pertunjukan lainnya, serta dapat dilihat pula dari siapa yang menjadi produsernya.

Menurut data yang telah diperoleh penyebab perubahan bentuk pada pertunjukan wayang orang di Surabaya tidak hanya disebabkan oleh faktor dari dalam (internal) saja, tetapi juga disebabkan oleh faktor-faktor dari luar (eksternal). Oleh karena itu, dalam pembahasan ini peneliti akan membahas faktor internal maupun faktor eksternal sebagai penyebab perubahan bentuk pada penyajian pertunjukan wayang orang di Surabaya saat ini. Faktor internal merupakan faktor-faktor yang disebabkan oleh lingkungan yang ada di dalam wayang orang. Faktor internal perubahan bentuk pertunjukan wayang orang Surabaya.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...