Jenis Wayang : Ukir Cita-cita Lewat Wayang Golek

0 44

Cukup sejuk. Ini berarti waktu yang presisi untuk melakukan sesi mencari tahu mengenai kabar seorang remaja yang mahir memainkan wayang golek dan menjadi perbincangan hangat di warung warga. Ia bernama Widodo Jaya Kusuma. Di Indonesia terdapat jenis wayang yang pernah populer. Setidaknya ada lima jenis wayang yang kerap dimainkan orang Indonesia; wayang kulit, wayang golek, wayang wong, wayang beber, dan wayang klitik. Wayang golek, sebagaimana wayang lainnya, adalah alat komunikasi yang lengkap.

Berfungsi sebagai alat komunikasi pandang dengar yang telah akrab sejak lama dengan para audiensnya. Aneka tuntunan dikemas dalam tuturan para dalang. Darinya penonton pun diberi dua hal: nilai-nilai (tuntunan) dan hiburan (tontonan). Dalam buku Kajian Estetika Rupa Tokoh Golek, Jajang Suryana, menyebut jika cerita Mahabharata telah dimainkan dalam pertunjukkan wayang sejak 900-an. Seperti kita ketahui wayang bukan hanya salah satu kekayaan budaya nusantara yang pernah diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia untuk dunia, namun ia juga cara dakwah yang dilakukan Sembilan Wali, terutama Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama Islam di pulau Jawa.

Masih terselip dalam memori sewaktu kecil saya sering diajak bapak berkunjung ke tempat-tempat yang terdapat pertunjukkan seni tradisonal, salah satunya wayang golek. Tak jarang bapak juga menirukan beragam suara karakter wayang golek kala itu. Dari Arjuna.

Source Kumparan kumparan.com/gilang-pradana/ukir-cita-cita-lewat-wayang-golek
Comments
Loading...