Jenis Wayang : Waktu Wayang Golek Bisa Muntah

0 90

Pertunjukan wayang golek Betawi tak lagi membosankan. Di tangan Tizar Purbaya, wayang golek buatannya bisa muntah, berubah menjadi hantu bahkan berdarah-darah. Tak hanya itu, pria yang membuka toko di Jalan Surabaya ini bahkan tak sungkan menirukan dialog Barrack Obama, SBY, hingga Fauzi Bowo. Adalah Tizar Purbaya, dalang yang sebelumnya memainkan wayang golek sunda selama hampir 30 tahun sebelum akhirnya beralih ke wayang golek Betawi.

Lantaran ingin membuat pembaruan dalam pertunjukannya, Tizar membuat wayang golek dengan tokoh-tokoh populer seperti SBY, Barrack Obama, hingga Fauzi Bowo. Lewat wayang goleknya, Tizar menampilkan pertunjukan yang kocak dan unik. Lihat saja tokoh Ijem, PRT yang genit dan bisa menggerakkan bokongnya. Atau tokoh Jampang yang bisa melemparkan goloknya dan berdarah-darah. Tokoh Kuntilanak yang terinspirasi si manis jembatan Ancol bahkan bisa berubah menjadi menyeramkan dengan mata mendelik yang menyala-nyala.

Tizar mulai menggeluti pembuatan dan pertunjukkan wayang golek Betawi sejak 2001 saat seorang turis asing memesan wayang golek kepadanya. Berkat kepiawaiannya, Tizar bahkan pernah mendalang di depan George Bush senior. Tizar yang mulai mewariskan keahliannya pada Riki, putranya juga mulai dipercaya untuk membuatkan wayang golek tokoh internasional yang akan menghadiri event intenasional di Manado oktober mendatang. Wayang golek Betawi ini dibuat Tizar dari bahan kayu pule yang relatif mudah didapat.

Source kompasiana.com kompasiana.com/rumahmemez/5508db308133118c1cb1e145/ketika-wayang-golek-bisa-muntah
Comments
Loading...