Jenis Wayang : Wayang Ageng Jenis Wayang Terbesar

0 287

Wayang ageng merupakan jenis ukuran wayang yang terbesar dari jenis yang lain. Bila dibanding dengan wayang – wayang pedalangan, wayang Ageng lebih tinggi satu atau satu setengah “lemahan” atau bagian yang menghubungkan jari – jari kaki belakang dengan kaki muka. Wayang – wayang ageng jika dipakai untuk keperluan pertunjukkan pagelaran wayang, tidak memenuhi syarat – syarat kepraktisan. Karena besarnya, wayang tidak sesuai dengan kekuatan dalang untuk memainkannya dengan baik selama pertunjukan semalam suntuk.

Selain ukuran kurang praktis ada beberapa adegan yang memberikan kesan seolah – olah ruang pentas menjadi terlalu sempit karena besarnya wayang. Kelompok wayang ageng adalah tokoh – tokoh yang memiliki ukuran besar. Biasanya akan disumping atau ditata pada bagian terdepan. Yang termasuk pada kelompok wayang ageng antara lain adalah tokoh : Werkudara, Ramabargawa, Duryudana, Batara Bayu dan Kumbakarna.

Wayang Ageng merupakan ciptaan Mangkunegara IV Surakarta. Cerita Wayang yang dipergelarkan melanjutkan cerita Wayang Purwa, yaitu dari Yudayono sampai Jayalengkara. Pada umumnya Wayang Madya, tokoh – tokoh raja tidak memakai Praba yaitu sinar dan nimbus, suatu perhiasan yang dipakai pada punggung setiap raja sebagai lambang kedudukannya. Cara memakai kainnya ialah dengan apa yang dinamakan “banyakan” atau laksana tablat angsa. Wayang Ageng yaitu boneka wayang yang berukuran besar, terutama anggota badannya di bagian lambung dan kaki melebihi biasanya.

Source My Wayang Hadi Sukirno.com
Comments
Loading...