Jenis Wayang : Wayang Babar Inovasi Wayang Orang, Seni

0 118

Wayang Babar Inovasi Wayang Orang

Karya seni ini merupakan bentuk inovasi Wayang Orang Gaya Surakarta, yang berbentuk kolaborasi antara seni tradisi, dan multimedia. Cerita yang dipilih dalam Wayang Babar adalah Banjaran Bisma. Banjaran Bisma menggambarkan kehidupan tokoh Bisma mulai dari kelahirannya sampai gugur di medan peperangan. Tujuan Karya seni tari ini adalah sebagai bentuk model pertunjukan Wayang Orang yang bersifat kekinian. Karya tari ini digarap menggunakan pendekatan koreografis, dengan menguraikan proses kreatif, pembentukan, dan sajian penampilan.

Dengan pendekatan ini maka disajikan bentuk garapan Wayang Orang dengan elemen-elemen susunan koreografi seperti gerak, kostum, karawitan tari, tata panggung, tata cahaya, multimedia, dan lainlain yang semua elemen itu bertujuan untuk penjabaran ide, gagasan yang mendasarinya. Metode yang digunakan dalam proses penciptaan meliputi eksplorasi, eksperimen, dan pembentukan konsep. Proses penciptaan dalam karya ini melahirkan konsep APIK yaitu, Artistik, Performen, Inovatif, dan Komunikatif.

Konsep ini yang membingkai Wayang Babar sebagai sebuah karya Wayang Orang kekinian. Terwujudnya “Wayang Babar Inovasi Wayang Orang” diharapkan dapat memperkaya bentuk pertunjukan Wayang Orang kaitannya dengan konteks tuntutan dan tantangan masyarakat yang sedang mengalami perubahan.

Source digilib.isi.ac.id digilib.isi.ac.id/450
Comments
Loading...