Jenis Wayang : Wayang Beber Diambang Kepunah

0 67

Selama ini kita mungkin lebih mengenal wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek. Dari ketiga wayang itu mungkin ada yang sudah sangat sering melihat pertunjukannya baik itu langsung maupun lewat media massa. Adakah yang pernah menyaksikan wayang beber? Atau sekedar mendengar informasi tentang wayang beber? Sesuai namanya, wayang ini dipentaskan dengan cara dibeber atau dibentangkan karena bentuknya adalah lukisan yang terdiri dari beberapa gulungan yang mengandung cerita.

Memang wayang ini kurang familier karena katanya kurang menarik untuk disaksikan dan dinikmati dibandingkan pertunjukan wayang yang lain. Lha kenapa? Jadi ceritanya pada Kamis (22/09) saya berkesempatan ikut melihat kreasi batik wayang beber di Pacitan. Kebetulan saya ikut bagian dalam tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Solo. Juga bersama teman-teman wartawan cetak, TV, dan radio lokal Solo untuk melihat langsung ke lokasi kreasi batik wayang beber.

Nah, setelah menyaksikan batik-batik kreasi dari wayang beber ini kami bersama-sama mengunjungi sanggar seni kota Pacitan. Sanggar ini ditangani sendiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pacitan,M. Fathony, SH,MM. Di sanggar ini, Fathoni mengenalkan kepada anak-anak muda mengenai kebudayaan kota Pacitan termasuk wayang beber ini.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ansyor/550b9cc0a33311081b2e3943/wayang-beber-diambang-kepunahan
Comments
Loading...