Jenis Wayang : Wayang Beber, Satu Jenis Wayang Tertua

0 211

Wayang beber merupakan salah satu jenis wayang tertua dari sekitaran 80 jenis wayang dalam kebudayaan Indonesia. Disebut wayang beber karena teknik pertunjukannya dengan membeber atau menggelar gambar-gambar pada gulungan kertas atau kain. Wayang beber merupakan bentuk yang sangat unik dan spesifik meski saat ini kurang dikenal. Wayang beber merupakan bagian dari wayang Indonesia yang telah mendapat pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (Unesco) sebagai warisan budaya dunia.

Pada 7 November 2003, wayang telah diakui sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Wayang beber pertama kali dibuat Prabu Bratana dari Kerajaan Majapahit pada 1361. Ceritanya tentang Panji Asmorobangun dengan Dewi Sekartaji. Wayang beber berkembang di Jawa Timur sejak permulaan abad ke-15 hingga kini dengan keadaan yang memprihatinkan karena nyaris punah. Wayang beber ini sebenarnya melukiskan suatu episode cerita rakyat sebagai karya seni lukis Jawa yang sudah punah.

Sisa-sisanya dapat diikuti pada relief candi-candi di Jawa Timur. Di ambang kepunahannya, keberadaan wayang beber saat ini masih bertahan di dua daerah, yaitu di Pacitan, Jawa Timur, dengan lakon Jaka Kembang Kuning, dan di daerah Gunung Kidul, Jawa Tengah, dengan lakon Remeng Mangunjaya. Diperkirakan, usia kedua lakon tersebut mencapai 350–400 tahun. Wayang beber dengan lakon Panji sangat populer pada masa Majapahit. Namun, memudar.

Source Media Indonesia mediaindonesia.com/read/detail/82065-membeberkan-cerita-wayang-beber
Comments
Loading...