Jenis Wayang : Wayang Beber yang Muda Berseni

0 45

Tahu atau pernah mendengar tentang wayang beber?  yap, wayang beber adalah sebuah pertunjukan wayang yang di mainkan dengan cara di beberkan. pertunjukan wayang beber sendiri adalah warisan budaya jawa di samping wayang kulit atau wayang orang. unik nya media yang di gunakan adalah kertas atau kain yang di bentangkan, yang tentu saja berisi adegan wayang itu sendiri. wayang beber menurut sejarah nya adalah berasal mula dari gunung kidul, DIY.

ertunjukan wayang beber ini tergolong cukup langka karena memang sudah jarang di adakan. berbeda dengan cerita wayang kulit atau wayang yang lain yang berasal dari india (ramayana), wayang beber justru kisah asli indonesia yakni berasal dari kerajaan kediri berupa cerita petualangan panji asmoro bangun saat mencari dewi sekartaji. wayang beber adalah wayang berupa lukisan yang di buat pada gulungan kertas, berisikan cerita inti dari lakon yang akan di kisahkan oleh dalang,dan di mainkan dengan cara membeberkannya.

Dilihat dari kata beber sendiri menurut bahasa jawa berarti njentrehke (di bentangkan,di uraikan) dari gambar wayang tersebut kedalam sebuah cerita menurut lakonnya. wayang beber seni pertunjukan wayang yang berkarakter dan adegannya di lukiskan di selembar kain/kertas. menurut sejarah nya wayang beber kuno di buat dari gulungan kulit batang pohon melinjo.

Source Kompas kompasiana.com/andyrastawahyudi/55188caa81331172689dea15/wayang-beber-yang-muda-yang-melestarikan-budaya
Comments
Loading...