Jenis Wayang : Wayang Bertato, Terdapat Aksara Jawa (Tato)

0 30

Wayang Bertato yaitu karena didalam gambar wayang tersebut terdapat aksara aksara Jawa dan aksara Jawa tersebutlah yang dimaksud dengan tato. Gambar wayang dari pameran tersebut dibuat dalam jangka waktu 30 menit sampai 2 minggu karena tingkat kesulitan dari gambar wayang tersebut berbeda-beda. Gambar gambar dari wayang bertato yang dibuat Ki Bancak sampai saat ini mencapai 267 dan beliau mengatakan bahwa, ketika karya gambar bertato nya sudah mencapai 300 beliau akan membukukannya.

Beliau memulai menggambar wayang semenjak tahun 1993, selain menggambar Wayang Bertato disisi lain Ki Bancak juga menjadi seorang dalang wayang. Disebut dengan Teaching Media and Student Game karena alat tersebut menjadi media yang digunakan untuk bisa belajar tentang aksara aksara Jawa,dilain sisi media tersebut juga bisa digunakan sebagai permainan sekaligus media belajar untuk anak anak karena dibelakang huruf-huruf jawa tersebut terdapat magnet yang bisa dipindahkan dengan mudah.Ki Bancak juga merupakan pencetus pemberantasan buta aksara Jawa sehingga dari situlah beliau membuat Teaching Media and Student Game sebagai salah satu media untuk membuat orang orang yang belajar aksara Jawa semakin mudah.

Huruf-huruf Jawa diatas terdiri dari: huruf legena, murda rekan, swara, pasangan sandangan, tanda berhenti serta angka Jawa terdiri 235 digit. Gelar karya ini kurang ini lebih menyuguhkan 600 karya. Di antaranya milik Ki Bancak sekitar 250 karya, ditambah.

Source aripariwisata.blogspot.com aripariwisata.blogspot.com/2016/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
Comments
Loading...