Jenis Wayang : Wayang Calonarang (Wayang Leak), Angker

0 284

Wayang Calonarang sebagian orang di Bali menyebutnya sebagai Wayang Leak adalah salah satu wayang kulit Bali yang dianggap angker dan menyeramkan. Dalam pertunjukkannya, Wayang Calonarang biasanya mengungkap hal yang berbau magis tentang rahasia pengiwa (ilmu kiri atau hitam) dan petengen (ilmu kanan atau putih). Serta ucapan Dalang, yang kerap menantang ‘’ngatag’’, yaitu memanggil semua orang-orang. Wayang Calonarang sebagian orang di Bali menyebutnya sebagai Wayang Leak adalah salah satu wayang kulit Bali yang dianggap angker dan menyeramkan.

Dalam pertunjukkannya, Wayang Calonarang biasanya mengungkap hal yang berbau magis tentang rahasia pengiwa (ilmu kiri atau hitam) dan petengen (ilmu kanan atau putih). Serta ucapan Dalang, yang kerap menantang ‘’ngatag’’, yaitu memanggil semua orang-orang yang punya ilmu hitam atau leak yang berada di tempat itu, sehingga suasana tambah mengerikan. Namun, lain dengan Ki Dalang muda ini, I Putu Gde Sartika. Ia yang selama ini dikenal kocak dengan lakonnya sebagai Sangar dalam seni bebondresan, membuat Wayang Calonarang ini lebih inovatif.

Sisi menyeramkan tetap ada, dengan pakem-pakem Wayang Calonarang yang terjaga. Namun sisi inovatifnya menjadikan Wayang Calonarang lebih komunikatif dan jadi pertunjukan yang menghibur, dengan nama Wayang Calonarang Inovatif “Dug–Byor”. Dalang Sartika pun kini telah merekam hasil karyanya itu dalam sebuah kaset, dengan judul “Geseng Waringin”.

Source bali-travelnews.com bali-travelnews.com/2017/01/19/dalang-putu-gde-sartika-ciptakan-wayang-calonarang-inovatif-dug-byor
Comments
Loading...