Jenis Wayang : Wayang Ceng Blonk: Sarat Pesan Ok

0 87

Bila anda berkunjung ke Bali, jangan lewatkan untuk bisa menonton wayang Ceng Blonk. Saat momen hari-hari raya atau hari kebesaran Negara, kita bisa menyaksikan pertunjukan wayang Cenk Blong ini di beberapa tempat di Denpasar yang sudah dikenal, seperti di Lapangan Puputan, atau Art Centre Pusat Seni Rakyat. Coba tonton Wayang Cenk Blonk ini. Wayang yang asli dari daerah Blayu — Tabanan — Bali ini sangat berbeda dengan wayang biasanya. Penggabungan antara tradisional dan kreativitas modern.

Wayang Cenk Blonk ini dikembangkan Oleh I Wayan Nardayana. Nardayana awalnya memberikan nama pagelaran ini dengan nama Wayang Kulit Gitaloka dari Belayu, 15 Tahun yang lalu. Dalam pewayangan ini, tokoh yang sering di tampilkan adalah “Nang Klenceng” dan “Nang Ceblong”. Dan masyarakat juga lebih akrab dengan memanggil nama “Ceng Blong”. Bahkan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ir.Jero Wacik sangat menggandrungi pakeliran wayang Cenk Blonk ini. Ada satu pementasan yang bagi saya sangat menarik sekali untuk ditonton dan diambil pelajaran dari ceritanya. Kita simak ya dialog dari Ceng dan Blong ini :

Ceng    : “Lihat itu, si Nawasura Rajanya Para Koruptor!Manusia yang tidak pernah puas. Coba kau lihat kalung di lehernya”
Blonk : ” Kalung apa itu ?”
Ceng  : ” Itu kalung uang keteng” Dengan uang itu ia bebas. Tega ya ia bisa kongkalikong. Tahu?”

Source Kompas kompasiana.com/takutpada-allah-/550d9a3ea333116e1c2e3c71/wayang-ceng-blonk-sarat-pesan-moral-dalam-kemasan-humor
Comments
Loading...