Jenis Wayang : Wayang dari Sampah? Tidak Kalah

0 78

Di tangan mereka yang kreatif, sampah bisa diolah apa saja, termasuk produk-produk yang bernilai ekonomis. Hasil olahan sampah yang dilakukan oleh Rukun Santoso, komunitas pengelola sampah di Karanglo Polanharjo Klaten patut dipuji dari segi kreativitas dan kualitasnya. Selain tas beragam ukuran dan bros, mereka juga menghasilkan wayang. Penampilan wayang dari sampah tersebut tak kalah indahnya dengan wayang dari kulit hewan.

Hari kedua Danone Blogger Academy (17-19 November 2017), peserta diajak mengunjungi tempat pengolahan sampah yang merupakan mitra binaan dari Aqua. Lokasinya tak jauh dari pabrik Aqua di Klaten, tak sampai 30 menit bus yang membawa peserta sudah tiba di lokasi. Kami disambut hangat oleh para ibu-ibu anggota komunitas tersebut dengan lagu-lagu yang bersemangat. Nama komunitas pengelola sampah tersebut adalah Rukun Santoso yang didirikan 16 Maret 2013.

Ada banyak sisi menarik dari komunitas pengelola sampah ini. Kelompok ini lahir dengan tujuan utama menciptakan lingkungan bersih, dari lingkungan tempat tinggal hingga sungai yang menjadi tumpuan mereka untuk mengairi sawah. Setelah aksi bersih-bersih tersebut kemudian lahirlah bank sampah. Tak cukup dengan proses pemilahan sampah, sampah pun berupaya direduksi dengan menjadikannya sebagai kompos dan produk yang bernilai ekonomis.

Source kompasiana.com kompasiana.com/dewi_puspa/5a17e5b351699508d85f7242/wayang-dari-sampah-tak-kalah-indahnya
Comments
Loading...