Jenis Wayang : Wayang Daun Singkong, Jawa Tengah

0 162

Wayang daun muncul di gelaran pasar tradisional di Desa Gedangan, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (14/10/2018). Wayang daun dibuat dari tangkai dan daun singkong. Wayang yang terbuat dari batang daun singkong, dulu sering dibuat orang tua atau pun anak-anak untuk dijadikan mainan. Kini sudah jarang atau bahkan tak ada orang membuatnya. Mainan tradisional ini sudah tergeser mainan modern yang sudah jadi dan bisa dibeli dimana saja dengan uang. Untuk mengingatkan kembali pada mainan. Untuk membuat wayang-wayangan dapat memperhatikan langkah-langkah berikut. 

  • Ambil beberapa batang daun singkong (ambil daun yang sudah tua).
  • Bersihkan batang daun singkong dari daunnya. Jemur di bawah terik matahari sampai layu agar batang mudah dibentuk dan tidak patah.
  • Setelah layu, ambil satu batang, lalu bentuk seperti gambar di atas.
  • Ambil satu lagi, lilitkan ke batang yang tadi hingga terbentuk seperti pada gambar.
  • Lakukan langkah ke-3 tadi sebanyak beberapa kali sehingga terlihat seperti bentuk hidung, muka, dan rambut.
  • Untuk badan dan tangannya, bentuklah seperti gambar di atas. Kamu juga dapat membuat kreasi wayang secara bebas. Wayang ini juga dapat dibuat dari batang tanaman lain, sejenis rumput. Kamu dapat menggunakan jerami atau rumput yang agak keras. Akan tetapi, semua bahan itu harus dijemur dulu agar lentur dan tidak mudah patah.
Source Kompas kompas.id/baca/utama/2018/10/15/wayang-daun-singkong
Comments
Loading...