Jenis Wayang : Wayang Gagrak Surakarta Madiunan

0 257

Wayang Kulit Gagrak Surakarta. Gagrak adalah sebuah istilah, yang memiliki pengertian yaitu merupakan ciri khas dari wayang kulit yang disesuaikan dengan wilayahnya, yang pada akhirnya menjadi keaneka ragaman ciri khas bentuk, dan gagrak dipengaruhi oleh kondisi sosial, budaya, dan geografis dari wilayahnya yang memiliki perbedaan yang bertolak belakang walaupun masih dalam satu Pulau Jawa. Perbedaan ini disebabkan karena adanya penyesuaian dengan kebudayaan dilingkungan setiap wilayah.

Sehingga memiliki karakter khusus yang akan menjadi ciri atau identitas yang kuat dari wayang kulit yang di miliki oleh wilayah Surakarta. Dalam pengkarakteran wayang kulit ini merupakan gagrak Surakarta, yang memiliki ciri khas atau perbedaan mendasar yaitu antara lain memiliki ukuran lebih tinggi satu palemanan dari pada ukuran wayang kulit gagrak lain, seperti wayang kulit gagrak Yogyakarta, Cirebon, Jawa Timur. Wayang kulit gagrak Surakarta ini, memiliki proporsi fisik yang ramping dan panjang. Pada penggunaan ragam hias, akan menambah ciri khas yang akan muncul, untuk membedakan dengan gagrak wayang.

Wayang asli Madiun justru menurut suatu sumber mirip dengan wayang Yogya. Hal ini mungkin dikarenakan di masa penjajahan dahulu Madiun adalah wilayah Mancanagari bawahan keraton Ngayogyakarta. Adipati Madiun Rangga Prawiradirja bahkan adalah menantu Hamengku Buwana III. Sayangnya di Madiun kini dalang lebih banyak memakai wayang gaya Surakarta.

Source facebook.com facebook.com/permalink.php?story_fbid=420477814777997&id=110782125747569&substory_index=0
Comments
Loading...