Jenis Wayang : Wayang Gaul, Tak Beda dengan Wayang

0 228

Wayang Gaul tidak beda jauh dengan pementasan wayang kulit pada umumnya. Wayang Gaul tampil dengan iringan gamelan dikolaborasikan dengan alat musik modern lainnya. Ditengah pertunjukan wayang penonton dihibur dengan lagu-lagu campursari dan tayub. Para pengunjung tidak canggung menyanyikan lagu-lagu langgam jawa dan ikut menari tayub bersama diatas panggung. Wayang Gaul dengan dalang Ki Hartanto Guna Carito membawakan judul Satria Piningit dengan lakon Wisanggeni.

Pentas wayang yang berlangsung sekitar 2 (dua) jam memukau pengunjung TMII. Selain mementaskan wayang juga ada pertunjukan kesenian dari Kab. Blora lainnya, yakni Barong dan Tayub. Kesenian Barongan dipentaskan group kesenian Barongan Singo Kusumo Joyo dari Paguyuban Warga Sambong (Pawarsa) yang bermukim di Jakarta. Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kab. Blora, M. Dasum dan Abdullah Aminuddin dan Kepala DPPKKI Kab. Blora, Slamet Pamuji dan Ikatan Alumni SMA N 1 Blora (Ilusa).

Ki Hartanto yang juga staf pada Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, mengisahkan Kyai Semar dan Prabu Kresna berada dalam Sonyaluri, sedang membicarakan keadaan Marcapada yang sedang dilanda kekacauan dan semakin tidak jelas kemana arah tujuannya.

Namun kedua insan ini mendapat petunjuk dari yang Widhi bahwa keadaan akan semakin baik setelah nanti muncul seorang Ksatria Sejati (Satria Piningit) yang ditunggu-tunggu dengan kedatangannya akan membawa.

Source infoblora.com infoblora.com/2013/06/pertunjukan-kesenian-blora-di-tmii.html
Comments
Loading...