Jenis Wayang : Wayang Gedog, Dibuat dari Kulit Kerbau

0 197

Wayang Gedog dibuat dari kulit kerbau dengan bentuk dasar seperti wayang Purwa tetapi tidak disertai wayang kera dan raksasa. Kata “Gedog“ dalam wayang ini belum dapat ditafsirkan secara pasti, namun kata gedog dalam bahasa kawi berarti kuda, sedangkan gedogan dalam bahasa Jawa adalah kandang kuda, ada pula yang menafsirkan suara “dog – dog” ketukan dari dalang pada kotak wayang. Dalam wayang Gedog menampilkan ceritera kepahlawanan Panji Kudhawanengpati.

Pembuatnya pertama kali ialah Sunan Giri dengan cerita Panji (diambil dari lakon kerajaan Kediri, Singasari, Ngurawan dan Jenggala dengan lawannya Klana dari Bali dan dibantu tentara dari Bugis  dan mempergunakan Gamelan Pelog pada tahun 1563. Wayang Gedog koleksi Museum Wayang bergaya Surakarta dan dibuat tahun 1990. bentuk wanda wayang cukup bagus, ukiran dan tatanannya sangat halus, sunggingannyapun sangat baik. Bentuk wayang Gedog mirip wayang Panji maka pada umumnya menyebut sama dengan wayang Panji.

Bentuknya hampir mirip wayang kulit. Sumber ceritanya berasal dari Jawa seperti: Banten, Singasari, Mataram, Kediri dan lain-lain. Wayang gedog hapir punah kita hanya dapat menjumpai tahun 1400. Wayang Gedog atau Wayang Panji adalah wayang yang memakai cerita dari serat Panji. Wayang ini mungkin telah ada sejak zaman Majapahit. Bentuk wayangnya hampir sama dengan wayang purwa. Tokoh-tokoh kesatria selalu memakai tekes dan rapekan. Rajanya bergaruda.

Source irzaarveda.blogspot.com irzaarveda.blogspot.com/2015/05/wayang-kulit-gedog-kesenian-tradisional.html
Comments
Loading...