Jenis Wayang : Wayang Gendut, Kreasi Seniman Pemuda

0 186

Wayang gendut, kreasi seniman muda Dwi ”Gendut” Suryanto, yang penuh humor dan menjebol pakem. Dwi alias Gendut mementaskan wayang gendut dengan lakon Wisanggeni Lahir di Balai Soedjatmoko, Solo, Jawa Tengah, Jumat (23/1/2015) malam. Wayang gendut adalah wayang kulit yang diiringi musik aneka rupa. Dalam pementasan pernah diiringi keroncong, gamelan, rebana, atau perpaduan gamelan dan keroncong. Kisahnya mengambil kisah Mahabarata atau mencuplik epos Ramayana.

Pentas pada malam itu menyajikan iringan musik perpaduan keroncong dan gamelan yang digawangi Komunitas Dasanama. Hanya beberapa perangkat gamelan yang disajikan, seperti gambang dan gender dipadu gitar listrik, ukulele, saksofon, dan seruling. Sejak awal, wayang gendut dipenuhi banyolan dalang Dwi dan Si Doel ”Pecah Ndahe” sebagai pemusik. Lagu berjudul

Kau Begitu Sempurna

membuka pentas di malam itu. Adegan dimulai saat Dewasrani, putra Batari Durga, sedang galau karena pujaan hatinya, Dewi Desranala, putri Batara Brama (Brahma), telah dinikahi oleh Janaka (Arjuna). Dewasrani menemui Janaka agar melepaskan Desranala. Janaka marah besar. Pertarungan keduanya pecah. Janaka yang sakti dengan panahnya mampu mengalahkan Dewasrani. Batari Durga turun tangan membela Dewasrani. Ia berupaya memisahkan Janaka dengan Desranala. Batara Guru, ayah Dewasrani, memerintahkan Batara Brama agar memisahkan Desranala dengan Janaka. Hal ini ditentang Batara Narada, penasihat Batara Guru. Tak mau status kedewaannya dicopot, Brama.

Source kompas.com travel.kompas.com/read/2015/02/01/1304002/Wayang.Gendut.Kreasi.Humor.yang.Menjebol.Pakem
Comments
Loading...