Jenis Wayang : Wayang Golek ‘Beraksi’ di Prancis

0 34
Festival Mondial Des Theatres De Marionnettes (FMTM) di Charleville Mezieres, Prancis, menyuguhkan penampilan berbeda beberapa waktu lalu. Festival boneka dua tahunan terbesar di Eropa itu kali ini menyuguhkan wayang golek. Ya, wayang golek dari Jawa Barat. Laiknya di Indonesia, penonton di sana juga ada yang membawa bantal ketika menonton pertunjukan wayang golek yang dibawakan Yayasan Seni Sunda Wayang Golek Putra Giri Harja 3 (PGH3) itu. 
Ratusan penonton hadir di sekitar panggung dan tidak beranjak selama pertunjukan. Beberapa di antara mereka mengaku sangat menikmati pertunjukan, meskipun tidak mengerti secara utuh percakapan dalam cerita yang mengambil latar kisah Mahabharata dan Ramayana. Bagi mereka, ekspresi dalang, irama musik, dan nyanyian, serta skrip dalam bahasa Prancis cukup untuk membuat mereka kagum. Atase Pendidikan KBRI Paris Surya Rosa Putra mengatakan, FMTM merupakan festival boneka dua tahunan terbesar di Eropa yang sudah ada sejak 1961 dan setiap kali dihadiri ratusan ribu pengunjung dari seluruh dunia.
Tahun ini, festival itu diselenggarakan pada 16-24 September lalu. Tak hanya mengikuti ajang FMTM, menurut dia, PGH3 juga akan tampil di Lyon pada 27-28 September di Aubervilliers, Prancis. Direktur penyelenggara Anne-Francois Cabanis mengatakan, terdapat 400 penampil dari 25 negara. Penampilan Indonesia adalah yang pertama selama festival. Anne menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia melalui Dubes Hotmangaradja Pandjaitan.
Source harnas.co harnas.co/2017/09/26/wayang-golek-beraksi-di-prancis
Comments
Loading...