Jenis Wayang : Wayang Golek, Berusia Lebih Muda

0 60

Wayang Golek

Wayang golek, berusia jauh lebih muda daripada wayang kulit yaitu muncul sekitar tahun 1583. Sunan Kuduslah yang pertama-tama memperkenalkan boneka kayu sebagai alat pertunjukkan, agar boneka ini dapat dimainkan pada siang hari. Dalam perkembangannya, pertunjukkan boneka kayu dari Jawa Barat ini, dikenal sebagai  wayang golek, yang berasal dari wayang kulit, teater bayang-bayang dari Jawa. Dalam bahasa sunda, ada ungkapan yang berasal dari kepercayaan agama Islam, yang menyatakan “Wayang sakotak, dalangna ngan hiji” (“wayangnya sekotak, hanya memerlukan seorang dalang”) yang berarti bahwa begitu banyak manusia di dunia hanya memerlukan satu Tuhan.

Mumpung masih membahas tentang wayang golek, ada sebuah kabar duka yang masih segar membekas dalam ingatan. Pada tanggal 31 Maret 2014, Indonesia harus kehilangan putra terbaik dalam pedalangan khususnya wayang golek. Beliaulah yang beken di sebut Abah “Asep Sunandar Sunarya”. Beliau pernah berkata :

Harkat jeung Martabat hiji Bangsa bisa diukur tina budayana, lamun budayana awutawutan tangtu bangsana ge bakal ruksak

yang artinya harkat dan maratabat suatu bangsa bisa diukur dari budayanya, kalau budayanya kacau tentu bangsanya-pun akan rusak.

Source kompasiana.com kompasiana.com/listhiahr/54f942bfa3331112678b4cfc/dari-indonesia-wayang-untuk-dunia#
Comments
Loading...