Jenis Wayang : Wayang Golek Betawi, Tahun 2001

0 136

Wayang Golek Betawi diciptakan pada tahun 2001 oleh seorang dalang yang bernama Tizar Purbaya. Bermula dari Pak Tizar Purbaya merasa bahwa Betawi tidak mempunya kesenian wayang. Padahal saat itu wayang kulit dan wayang golek banyak disukai masyarakat Betawi. Oleh sebab, itu Pak Tizar berinisiatif untuk membuat wayang khas Betawi. Sejak itulah lahir Wayang Golek Betawi. Ciri Khas Wayang Golek Betawi. Wayang Golek Betawi ini merupakan gabungan beberapa jenis kesenian seperti wayang, lenong, dan gambang kromong.

Kalau biasanya kesenian wayang diiringi musik gamelan, pertunjukan wayang khas Betawi ini tidak. Wayang Golek Betawi diiringi musik gambang kromo dari Betawi. Di tengah-tengahnya juga diselipi candaan khas lenong. Boneka wayang yang digunakan sama dengan Wayang Golek Sunda, yaitu terbuat dari kayu. Namun tampilan fisiknya menyerupai manusia. Kisah-kisah yang ditampilkan dalam kesenian ini banyak diambil dari cerita rakyat Betawi, sejarah, maupun cerita masa kini.

Keunikan Wayang Golek Betawi. Wayang Golek Betawi memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan wayang-wayang lainnya. Masing-masing boneka wayangnya mempunyai kemampuan khusus. Misalnya seperti wayang yang wajahnya bisa terbelah dua, wayang yang bisa mengeluarkan asap, berjoget, atau pun yang bisa berubah jadi hantu. Belum Dikenal di Negara Sendiri. Meskipun umur kesenian Wayang Golek Betawi ini baru sedikit, tapi sudah pernah ditampilkan di Amerika Serikat.

Source bobo.grid.id bobo.grid.id/Sejarah-Dan-Budaya/Budaya/Wayang-Golek-Betawi
Comments
Loading...