Jenis Wayang : Wayang Golek (Indonesia) Bunraku

0 48

Wayang merupakan salah satu budaya Indonesia yang hingga saat ini masih dilestarikan. Wayang memiliki pengertian menurut Wikipedia Indonesia berarti seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain itu beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu. Wayang di Indonesia sebagai hiburan rakyat untuk kalangan bawah sampai kalangan atas.Wayang cukup digemari bagi para penontonnya karena berisi cerita-cerita yang bermanfaat bagi penikmatnya.

Wayang Golek

Wayang golek menurut Wikipedia Indonesia berarti suatu seni pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan (Jawa Barat). Wayang merupakan bentuk dari teater rakyat yang dulunya sangat popular. Orang yang melihatnya sering menghubungkan kata

wayang

dengan ”bayang”, karena pertunjukan wayang ini memakai layar putih, yang dapat memunculkan bayangan-bayangan. Di Jawa Barat wayang yang populer adalah wayang golek. Berkenaan dengan wayang golek, terdapat dua macam diantaranya wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa yang ada di daerah Sunda.

Source kompasiana.com kompasiana.com/aliffiadi/5528975d6ea83454248b459e/wayang-golek-indonesia-vs-bunraku-jepang#
Comments
Loading...