Jenis Wayang : Wayang Golek Lenong Betawi, Kreasi Dalang

0 70

Para penggiat seni wayang tak henti-hentinya berinovasi. Selalu saja ada kreasi baru agar para penonton terutama generasi muda bisa menikmati pertunjukan wayang. Salah satunya adalah Wayang Golek Lenong Betawi. Wayang Golek Betawi merupakan kreasi dari seorang dalang Tizar Purbaya yang diciptakan pada tahun 2001. Pada mulanya, Tizar Purbaya merasa bahwa Betawi tidak ada kesenian wayangnya, meskipun wayang kulit dan wayang golek cukup diminati masyarakat Betawi.

Karena terdorong keinginan Betawi harus memiliki kesenian wayangnya sendiri, maka Tizar Purbaya berinisiatifmembuat wayang khas Betawi. Dan lahirlah Wayang Golek Lenong Betawi. Wayang Golek Lenong Betawi adalah gabungan antara kesenian wayang, lenong dan gambang kromo. Pertunjukan wayang ini tidak diiringi musik gamelan seperti kesenian wayang lainnya, melainkan dengan musik gambang kromo dari Betawi yang diselipi candaan khas lenong.

Boneka wayangnya sama dengan Wayang Golek Sunda, terbuat dari kayu, tetapi tampilan fisiknya hampir menyerupai manusia. Kisah yang diadaptasinya kebanyakan mengambil cerita rakyat Betawi, sejarah maupun cerita modern. Selain itu, Wayang Golek Betawi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan wayang-wayang lainnya, yaitu adanya kemampuan khusus dari masing-masing boneka, misalnya wayang yang wajahnya bisa terbelah dua, wayang yang bisa mengeluarkan asap rokok, berjoget maupun berubah jadi hantu. Kemampuan khusus inilah menjadi nilai tambah dari wayang asli Betawi. Wayang Golek Betawi dipertunjukkan.

Source budaya-indonesia.org budaya-indonesia.org/Wayang-Golek-Betawi
Comments
Loading...