Jenis Wayang : Wayang Golek, Mahabudaya yang Tak Lekang

0 167

Wayang golek. Ya, kesenian yang satu ini bahkan dianggap sebagian kalangan sebagai “mahabudaya”. Wayang golek merupakan salah satu kesenian khas masyarakat sunda. Kesenian wayang berfungsi sebagai media dakwah yang pertama tama di populerkan oleh Sunan Kalijaga. Seiring berjalannya waktu, perkembangan wayang di Indonesia pun cepat menyebar dan banyak mengalami modifikasi dan penyesuaian dengan konteks daerah masing – masing. Ada wayang yang terbuat dari kulit, kayu dan lainnya.

Wayang golek merupakan wayang yang terbuat dari kayu, dengan berbagai macam karakter didalamnya. Wayang golek begitu populer dikalanagan masyarakat sunda, Indonesia bahkan Dunia. Wayang golek yang difungsikan sebagai media dakwah memang dianggap efektif mengingat kultur masyarakat sunda yang begitu lekat dengan budayanya. Pesan yang terkandung dalam sebuah pagelaran wayang golek memang begitu banyak yang bisa kita ambil.

Mulai dari pesan agama, termasuk ajakan berbuat baik, dan menjauhi yang dilarang oleh agama. Wayang golek oleh para dalang kerap juga dijadikan sarana penyampaian aspirasi dan sindiran kepada para penguasa. Banyak wejangan – wejangan kepada para penguasa untuk adil dan jujur dalam mengurus rakyatnya. Sering juga pesan moral disampaikan kepada masyarakat luas. Misalnya pesan yang berisi untuk tidak mabuk – mabukan, tidak menggunakan narkoba, serta menjauhi perilaku korupsi. Penyampaian dari para dalang yang lugas dan disertai humor membuat pesan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/rahmanwe/5aa32d36cbe52315f61b44f2/wayang-golek-mahabudaya-yang-tak-lekang-oleh-waktu
Comments
Loading...