Jenis Wayang : Wayang Golek Semalam Suntuk INA

0 65

Wayang Golek Semalam Suntuk Di kota Cianjur. Ayo masih pada ingat ga sama seni tradisional tataran sunda ini bagi yang belum tau wayang golek itu apa akan sedikit dijelaskan. Wayang merupakan bentuk teater rakyat yang sangat populer pada jamannya terutama di tataran jawa dan bali.  Orang seringkali menghubungkan kata Wayang dengan Bayang. Sebab disaksikan dari pertunjukan wayang kulit yang menggunakan layar dan menimbuklan bayangan.

Tidak hanya wayang kulit, yang sangat popular dan ada juga Wayang golek. Arti dari golek bisa menjadi dua arti. Golek sendiri menurut kata kerjanya adalah Mencari. Sedangkan Golek sendiri jika menjadi kata benda adalah Boneka Kayu. Pada awalnya bentuk kesenian wayang dimainkan oleh seseorang dalang yang menjadi pemimpin pertunjukan yang sekaligus juga menyanyikan suluk, mengatakan antawagu dan sebagainya. Ada Sejarah yang untik loh mengenai Wayang ini.

Ternyata pada jamam dulu kesenian ini pada masanya pemerintahan  Raden Patah dari kerajaan Demak. Lalu kesenian ini di sebar luaskan oleh para para Wali Songo. Dan Sunan Gunung Jati juga ikut melestarikannya pada tahun 1568 di pemerintahan kasultanan Cirebon. Dan ternyata kesenia wayang ini menjadi bahan dakwah untuk menyebar luaskan agama islam. Jadi pada jaman dulu wayang di jadikan untuk menyebar luarkan agama islam di bagai daerah.

Source kotacianjur.com kotacianjur.com/berita/wayang-golek-semalam-suntuk-yu-nonton-di-kota-cianjur
Comments
Loading...