Jenis Wayang : Wayang Gung, Kalimantan Selatan

0 533
Kategori: Hiburan
Elemen Budaya: Seni Pertunjukan
Provinsi: Kalimantan Selatan
Asal Daerah: Suku Banjar
Wayang Gung adalah jenis pertunjukan yang mungkin cocok untuk hiburan acara akbar anda, untuk itu kami suguhkan Wayang Gung yang memasukan unsur tari kedalam cerita, sehingga dengan masuknya unsur tari tersebut maka dalam tari wayang gung terdapat ide ide kebudayaan Banjar. Gerak tari Wayang Gung yang selaras dengan irama tetabuhan, dengan gerakan yang pas yang terpadu dengan nada tetabuhan yang harmonis akan mampu memberikan stimulus imaginasi yang tinggi pada penonton, sebab penampilannya menjadi harmonis dan hidup.
Kelompok pemain yang disebut pawayanggongan. Jumlah pemain wayang gong sekitar 10 sampai 12 orang. Penabuh gamelan yang disebut panggamelan, jumlahnya berkisar 10 sampai 11 orang. Para pelakon dalam wayang gung ini merupakan pelakon khusus, artinya setiap tokoh hanya dilakonkan oleh orang-orang tertentu. Misalnya, tokoh Hanoman dilakonkan oleh seseorang yang benar-benar menggeluti dan menghayati perilaku atau karakter tokoh Hanoman.
Tidak jarang terdapat kelompok wayang gung yang menentukan judul dan lakon yang akan dimainkan hanya sesaat menjelang pertunjukan dimulai. Hal ini menunjukkan bahwa para pendukung pementasan harus memiliki profesionalitas yang tinggi. Selain itu, terdapat suatu kepercayaan bahwa pemain akan dirasuki kekuatan magis yang akan membimbing perannya. Oleh karena itu, meskipun seorang pemain tidak punya gambaran mengenai.
Source budaya-indonesia.org budaya-indonesia.org/Wayang-Gung
Comments
Loading...