Jenis Wayang : Wayang Janur, Ratusan Tahun Silam

0 216

Wayang janur sudah ada sejak ratusan tahun silam. Pada masa itu, anak-anak umur sekitar 10 tahun sudah memiliki tanggung jawab untuk bekerja, misalnya menggembala ternak.

Sambil kerja supaya tidak suntuk mereka bikin wayang janur. Lalu bermain wayang janur bersama teman-teman. Wayang janur ini mainan

kata Didi, instruktur workshop wayang di Museum Wayang, Jakarta. Di masa liburan, coba ajak anak Anda mampir ke Museum Wayang. Selain bisa melihat aneka wayang dalam negeri maupun luar negeri, program menarik dari museum ini adalah workshop wayang. Anak-anak maupun orang dewasa dapat berkarya membuat wayang dari janur. Wayang janur aslinya tidak memiliki rangka. Cara pembuatannya benar-benar hanya dianyam seperti sedang membuat ketupat.

Si kecil bisa melihat wujud asli wayang janur dari masa silam di antara koleksi Museum Wayang. Namun, kunjungan akan makin menarik jika anak mencoba berkarya wayang janur. Tenang saja, pihak museum membuat kerangka wayang agar memudahkan peserta. Workshop wayang sendiri baru dimulai dua tahun yang lalu. Didi menuturkan untuk bahan telah disiapkan pihak museum. Sebelumnya, janur direbus dulu agar layu. Anak mulai dari kelas 4 SD yang biasa mengambil pelatihan membuat wayang janur.

Satu wayang pertama-tama pas melilitkan janur ke kerangka kita bantu dulu. Nanti anak-anak terusin. Kadang anak mengerjakan asal, tapi ya gak papa

Source kompas.com travel.kompas.com/read/2011/04/06/10515672/Wayang.Janur.Kreatif.Banget
Comments
Loading...