Jenis Wayang : Wayang Jewer, Seni dengan Wayang

0 215

Wayang Jewer karena kerap melukis dan berseni dengan objek wayang dan sebagai pembeda di antara seniman yang menggunakan wayang sebagai objek seninya. Lalu Agus pun menggunakan nama Wayang Jewer sebagai tema di pameran tunggalnya di tahun 2014, yang lalu melekat sebagai julukannya yaitu Agus Wayang Jewer. Selain menjadi julukan, Agus juga kerap menggunakan nama tersebut sebagai jargon ekslusif miliknya yaitu

Salam Wayang Jewer!

Agus sendiri tengah berpartisipasi dalam sebuah pameran seni bersama yang bertajuk “Berkaca Pada Kaca”, digelar di Yogyakarta mulai dari Sabtu (04/08) lalu hingga Jumat (10/08) mendatang. Pameran yang bertempat di Tahun Mas Art Room dan dibuka oleh seniman sekaligus aktor Butet Kertaradjasa ini diikuti oleh 5 seniman yang salah satunya adalah Agus Nuryanto. Seperti tajuk yang diambil, medium dari karya yang dipamerkan adalah kaca dan tiap seniman memiliki ‘cerita’-nya sendiri yang dituangkan ke dalam karyanya.

Agus menyatakan bahwa tajuk “Berkaca Pada Kaca” sendiri ditujukan sebagai bentuk dari refleksi diri agar dalam berkarya, harus senantiasa mawas diri akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Selain lima seniman senior, terdapat beberapa seniman generasi muda yang ikut serta dalam pameran ini. Diharapkan pameran ini dapat berperan sebagai sarana belajar dan motivasi untuk berkarya sehingga nantinya akan banyak penerus perupa kaca di Yogyakarta di masa mendatang.

Source news.sugihart.com news.sugihart.com/2018/08/08/agus-wayang-jewer-nuryanto-merefleksikan-hidup-lewat-wayang
Comments
Loading...